Baik fisik dan psikologis keduanya bisa menjadi penyebab timbulnya rasa lapar. Pertama, periksa kalender haid anda: lapar bisa datang dan pergi pada siklus menstruasi. Minggu pertama sebelum haid adalah kadar puncak dari hormon progesteron yang menyebabkan kecenderungan untuk makan berlebihan terus muncul; metabolisme juga dipercepat pada saat-saat tersebut

Jika anda tiba-tiba terus merasa lapar namun bukan pada saat akan datang bulan, mungkin dapat disebabkan karena tingkat stres yang anda alami. Stres yang terus menerus dapat memicu naiknya hormon kortisol yang menyebabkan naiknya tingkat insulin sebagai pengatur kadar gula darah.

Apakah Anda sedang meminum obat? obat dengan resep tertentu dapat menimbulkan efek samping termasuk meningkatkan nafsu makan. Rasa lapar yang berkepanjangan juga bisa menjadi sinyal medis pada tubuh, seperti disfungsi tiroid, diabetes, atau depresi.

Jika Anda khawatir tentang rasa lapar terus meningkat dan berlangsung selama berminggu-minggu, ada baiknya mendiskusikan hal tersebut dengan dokter. Terutama bagi anda yang merasa tidak merasa sedang stres. Dalam beberapa kasus, masalah kesehatan biasanya berawal dari perubahan nafsu makan, tentu penting untuk mendapatkan diagnosis sedini mungkin.

referensi http://hellogiggles.com/

Share this:

Newest Post

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments