Pernah mengalami mata terasa bengkak saat bangun tidur padahal pola tidur anda sudah benar? anda tidur selama minimal 8 jam namun setelah terbangun dan melihat cermin anda mendapati mata  terlihat bengkak.


Bagaimana bisa terjadi bengkak pada mata? 
Untuk memastikan hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat membuat mata anda bengkak. Penyebab utama mata bengkak adalah retensi cairan dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, anda juga patut waspada apabila hal ini terjadi terus-menerus.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mata kita bengkak:

1. Terlalu banyak asupan natrium
Terlalu banyak garam di dalam tubuh dapat menyebabkan edema ringan atau pembengkakan. Dalam sistem mekanisme tubuh perlu menyeimbangkan konsentrasi cairan tubuh. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi natrium, tubuh kita akan menumpuk cairan untuk mencegah dehidrasi, sehingga terjadi pembengkakan. Sebagian besar asupan natrium kita berasal dari makanan olahan seperti roti, daging, dan minuman. Semakin sedikit makanan olahan yang kita makan, maka akan menurunkan asupan natrium.

2. Kurang protein
Kekurangan protein dalam darah (dapat disebabkan oleh kekurangan gizi, ginjal dan penyakit hati) menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan kadar albumin rendah dan akan menurunkan kemampuan untuk menyingkirkan cairan berlebih dalam tubuh. Jadi pastikan bahwa Anda makan makanan yang memiliki kandungan protein di meja makan anda sehingga tubuh Anda dapat menghasilkan semua albumin yang dibutuhkan.

3. Fungsi Ginjal Menurun
Bengkak di sekitar mata, terutama di pagi hari, mungkin merupakan tanda dari penyakit ginjal. Menurut Medical News Today, hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu mengeluarkan natrium dalam darah. Seperti disebutkan di atas, terlalu banyak natrium menyebabkan edema.

Menurut National Kidney Foundation, gejala lain dari penyakit ginjal kronis yaitu mual, mudah lelah, muntah, kaki bengkak, kurang nafsu makan, kulit kering dan gatal, nyeri di punggung dan nyeri pada saat buang air kecil. Jadi jika Anda memiliki beberapa gejala diatas dan bersamaan dengan mata bengkak, silakan pergi ke dokter untuk diuji lebih lanjut.

4. Makan terlalu banyak karbohidrat
Sebuah studi oleh National Institute of Health menunjukkan bahwa diet karbohidrat menyebabkan tingginya sekresi insulin dan penumpukan natrium. Semakin banyak natrium dalam tubuh kita, maka semakin banyak cairan menumpuk di dalam tubuh. Mengurangi jumlah makanan olahan dan berkarbohidrat tinggi akan menurunkan resiko edema.

Ada yang mengatakan kita adalah apa yang kita makan, dan apa yang kita makan mempengaruhi bagaimana kita "melihat". Hal-hal sekecil apapun yang terlihat di tubuh dapat menandakan tubuh kita kekurangan atau kelebihan sesuatu. Yang harus kita ingat adalah kita berada dalam kendali apa yang kita makan. Jadi mari kita perhatikan sinyal di tubuh kita karena ini adalah alarm terdepan untuk menjaga tubuh tubuh kita.

Artikel ini dapat anda simak secara lengkap di http://www.lifehack.org/485090/puffy-eyes-in-the-morning-this-might-indicate-you-need-to-adjust-your-lifestyle

Share this:

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments