Apabila anda pernah berbelanja suatu produk khususnya gadget dan komputer di toko online mungkin anda sering menemukan label OEM. OEM adalah singkatan untuk Original Equipment Manufaturer. Yang menjadi pertanyaan, kenapa produk-produk tersebut harganya lebih murah? apakah kualitasnya sama dengan produk KW?.

Seperti disebutkan, OEM adalah singkatan Original Equipment Manufacturer. Karena harganya yang murah produk OEM sering dikaitkan dengan produk KW, namun hal ini salah besar. Produk OEM bukanlah produk KW, tapi tetap original. Perbedaannya terletak pada perusahaan pembuatnya, jika produk original dibuat diproduksi oleh perusaannya sendiri, sedangkan produk OEM dibuat oleh perusahaan lain namun kualitasnya sama dengan produk original.

Gambaran singkatnya, misal perusahaan A memproduksi sebuah produk bernama X, maka produk original X akan diproduksi langsung oleh perusahaan A, suatu ketika pesanan pada perusahaan A terlalu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi pada wilayah tertentu. Produk X yang di produksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, produk X yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk Original.

Pada perangkat PC, produk OEM biasanya dijual khusus untuk produsen perangkat atau suku cadang. Oleh karena itu, kebanyakan perangkat OEM hanya dibungkus dengan kardus biasa, tidak seperti kardus ekskusif di produk original. Hal ini wajar karena barang OEM tidak dijual untuk umum. Selain itu, barang OEM biasanya tidak memiliki paket penjualan, misalnya anda membeli prosesor tapi tidak disediakan kipas pendingin, contoh lainnya seperti VGA Card dan harddisk yang tidak memiliki paket penjualan adapter atau kabel pendukung lainnya.

Share this:

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments