Pernah punya pengalaman tanaman layu akibat pindah tanam? hal ini dikarenakan tanaman stress yang bikin kita juga stress. Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk berbagi pengetahuan tentang manfaat thiamine atau lebih dikenal sebagai Vitamin B1 untuk mengatasi tanaman stress.


Mengapa tanaman bisa stress?
Ada banyak faktor yang mengakibatkan tanaman bisa stress, ada yang stress akibat kekeringan atau kekurangan nutrisi. Tapi bagi kebanyakan pecinta tanaman, tanaman yang stres bisa diakibatkan oleh kurangnya perhatian saat melakukan pindah tanam dari persemaian dan repotting. Pada saat itulah terjadi kejutan pada akar akibat pemindahan ke media yang berbeda dari sebelumnya. Alasannya tanaman tersebut tidak mampu beradaptasi atau menyesuaikan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan baru, dalam hal ini media tanam. Hal ini berlaku untuk hampir semua jenis tanaman termasuk tabulampot dan tanaman hias.

Ciri-ciri tanaman stress
Tanaman stress ditandai dengan daun yang layu beberapa saat setelah pindah tanam dan masih layu saat disiram air. Daun mengering dan kadar air menurun, kadang esoknya ada bercak hitam pada daun dan pada akhirnya mati.

Mengatasi tanaman stress dengan vitamin B1
Kita tentu tidak ingin tanaman kesayangan mengalami gejala stress seperti diatas, ada cara yang terbukti ampuh mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan vitamin B1. Jika pada manusia vitamin B1 bermanfaat memperlancar metabolisme, maka pada tanaman juga mempunyai peranan di dalam metabolisme tanaman sehingga tanaman yang stress mampu beradaptasi pada lingkungan tumbuh yang baru.


Dosis vitamin B1 untuk tanaman
Ada beberapa referensi yang saya pakai dalam artikel ini, yaitu menggunakan B1 start kemasan yang bisa anda beli di toko obat pertanian dan B1 IPI dari ibu Santi, Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Vitamin B1 start biasanya sudah ditambah berbagai hormon dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti hormon NAA dan Fe EDTA, namun harganya lebih mahal dibanding B1 IPI. Pilihan tergantung pribadi masing-masing.

Untuk repotting, biasanya kami melarutkan 2-4 ml B1 start pada bagian bawah dan atas daun, lalu daerah perakaran juga disiram baru pindah pot, untuk tanaman yang sudah cukup besar dosis bisa dinaikkan.


Vitastart B + NAA + Fe EDTA

Seperti yang saya singgung mengenai metode bu Santi (artikel bisa anda baca di sini) beliau menggunakan vitamin B1 IPI untuk menghindari tanaman stress saat repotting dan hasilnya lumayan bagus. Selain harganya murah juga mudah diperoleh di warung atau apotek terdekat. Dosis yang diberikan yaitu 2 butir gerusan tablet B1 lalu dilarutkan dalam 1 liter air, setelah diberi larutan vitamin B1 daun yang rontok lebih sedikit bahkan setelah akar dipangkas.


Vitamin B1 IPI

Share this:

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments